Fila Ariyanti

Lulusan D2 PGSD UNS Surakarta,saat ini menjadi salah satu pengajar di kabupaten Cilacap,Jawa Tengah....

Selengkapnya
JELMAAN GURU KELAS

JELMAAN GURU KELAS

Alangkah senangnya melihat sekolah yang memiliki tenaga pendidik yang sesuai kebutuhan di sekolah. Ada guru kelas yang lengkap kelas tinggi maupun rendah, guru pendidikan jasmani, guru agama, penjaga sekolah. Namun mengamati rekan-rekan sekolah di sekitar saya, sungguh saya pun bersyukur apapun keadaannya kegiatan pembelajaran di sekolah tidak ketinggalan dengan sekolah lain. Meskipun tenaga pendidik yang ada belum memenuhi kebutuhan.

Setiap pagi ada kelas yang mempunyai jadwal pendidikan jasmani, tentu sebagai guru kelas semua guru dituntut mampu menjelma menjadi guru olahraga. Memang guru pendidikan jasmani di kecamatan kami hanya 20 sekolah yang memiliki tenaga pendidik pendidikan jasmani selebihnya 30 sekolah tidak memiliki tenaga pendidikan jasmani dan hal ini diampu oleh guru kelas masing-masing pada tiap-tiap sekolah.

Selain tenaga pendidikan jasmani ada juga yang harus diampu oleh seorang guru kelas di sebuah sekolah. Misal mengampu guru kesenian, tenaga pengelolaan Bos, tenaga perpustakaan, guru UKS, pembina Pramuka memang diamanatkan kepada guru kelas karena bagian dari tugas sebagai guru kelas. Hanya untuk tenaga operator biasanya setiap sekolah sudah mempunyai tenaga tersendiri hanya beberapa sekolah yang menugaskan salah satu guru yang menguasai komputer yang mendapat tugas sebagai operator.

Setiap ada mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga siap-siap saja guru kelas berganti kostum memakai stelan kaos dan berubah menjadi guru olahraga. Kalau dibiarkan siswa olahraga sendiri di lapangan dikhawatirkan ada sesuatu yang tak diinginkan karena tidak ada pengawasan ketika mereka bermain sepak bola, lari atau main bola voli. Meskipun sebelumnya siswa mengikuti pemanasan terlebih dahulu. Tetapi pengawasan guru sangat dibutuhkan untuk menghindari cedera.

Atau pada saat mata pelajaran olahraga namun tidak diisi pelajaran olahraga tapi diganti dengan mata pelajaran lain, mereka akan protes dan jenuh sebab hak menerima pelajaran olahraga tidak diberikan. Di samping itu anak juga perlu olahraga untuk kebugaran dan kesehatan tubuh. Mereka butuh fisik yang kuat agar tubuh tetap sehat dan segar sehingga darah mengalir lancar otak pun diajak belajar pasti semangat.

Tentu menjelma menjadi guru olahraga tidak serta merta mampu menguasai materi pendidikan jasmani seluruhnya, misal memberikan materi yang dirasa berat dan tidak mungkin, contohnya renang atau roll depan/roll belakang bagi kelas tinggi. Hal ini tidak mungkin diberikan karena gurunya saja tidak bisa berenang apalagi roll depan/roll belakang akan membahayakan bagi siswa jika dipaksakan. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan sekolah harus bekerja sama dengan sekolah lain yang memiliki tenaga pendidik mata pelajaran olahraga untuk mengawasi dan memberi contoh materi renang atau roll depan/roll belakang.

Namun ada sisi-sisi positif lain yang bermanfaat bagi guru kelas itu sendiri bila diamati dengan seksama. Bila seorang guru kelas menjelma menjadi guru olahraga maka dengan sendirinya ikut pemanasan bersama siswa sebelum olahraga, baris berbaris, senam kesegaran jasmani atau gerakan lain yang mudah seperti main bola voli, kasti dan lain-lain. Atau untuk kelas rendah dengan materi yang sederhana bermain kucing-kucingan, lompat tali, menirukan gerakan tertentu dan lain-lain.

Tanpa disadari guru kelas akan ikut bugar dan sehat tubuhnya, kapan lagi mau olahraga kalau tidak bersama-sama siswa. Meskipun hanya ketika jam pelajaran pendidikan jasmani seminggu sekali atau ketika hari Sabtu senam bersama. Menjelma menjadi guru pendidikan jasmani atau apapun bila dijalani dengan ikhlas menjadikan guru kelas banyak belajar dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi guru dan peserta` didik.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bunda, kayaknya kemarin tulisan ini sudah ada dan saya sudah komen. Koq hilang ? Tapi begitupun, saya komen lagi...hehehe. Semoga kita selalu bisa bersyukur dengan apa yang ada. Karena rasa syukur itu yang membuat kita sehat da bahagia, njih bunda ? Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

31 Oct
Balas

Nggih ini kok kekirim lagi ya bu. Maklum baru belajar nunak nunuk nulis dan ngirimnya. Terimakasih bunda berkenan hadir, energi jd menglalir kalao ada bunda Rai. Sehat, sukses dan berkah untuk bunda.

31 Oct

Selalu siap menjelma untuk kebaikan Mba Fila...

31 Oct
Balas

Piye to bu kok kekirim maneh. Ya wis pokok e makasih bu Rini.maklum pemula ya ngene iki ngirim kepencet dua kali apa ya bu.

31 Oct

Selalu bersemangat bunda.... Ayooo cerdaskan anak bangsa, sekaligus sehat kan generasi muda, Enak bunda bisa menjelma jadi guru olahraga.. Sehaatttt.... Barakallaah budna

31 Oct
Balas

Terimakasih, bu. Sukses juga utk ibu Nurmalia.

02 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali