Fila Ariyanti

Lulusan D2 PGSD UNS Surakarta,saat ini menjadi salah satu pengajar di kabupaten Cilacap,Jawa Tengah....

Selengkapnya
Bu Arin, Bagaimana Daur Hidup Ikan dan Ayam?

Bu Arin, Bagaimana Daur Hidup Ikan dan Ayam?

Jam terakhir hari Jum’at ini kami mempelajari materi IPA tentang Daur Hidup Hewan yang diintegrasikan dalam suatu tema pada kurikulum tiga belas pada siswa kelas V. Dengan mengamati gambar tentang berbagai jenis daur hidup hewan tertentu sebagai contoh. Ada daur hidup kupu-kupu, ikan, kecoa dan kadal.

Anak-anak terlihat antusias berkelompok mengamati gambar lalu mendiskusikan dengan kelompoknya masing-masing. Setelah berdiskusi secara bergantian mereka mempresentasikan hasil kerja kelompoknya. Dengan lancar dan percaya diri satu persatu kelompok memaparkan daur hidup hewan yang sudah diundi sebelumnya.

Setelah selesai peajaran hari itu ibu guru wali kelas membuat flash back tentang pelajaran tema yang disampaikan pagi hingga siang hari itu. Untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa pada sub tema pembelajaran hari itu, wali kelas memberi pertanyaan rebutan kepada siswa.

‘’Anak-anak kalian belajar apa saja hari ini?’’tanya ibu guru wali kelas. Ipin anak yang paling istimewa di kelas itu berdiri dan menjawab dengan semangat.’’ Daur hidup hewan dan kondisi geografis Indonesia, Bu?’’ Ibu guru wali kelas tersenyum dan bertanya lagi’’ Baiklah karena kalian sudah mengamati dan berdiskusi tentang daur hidup kupu-kupu, ikan, kecoa dan kadal. Coba bisakah kalian menyebutkan urutan daur hidup salah satu hewan tersebut?’’ Alex anak yang dari tadi diam tiba-tiba mengangkat jari dan menjawab,’’ Saya, Bu’’. Ibu guru wali kelas tersenyum dan menjawab. ‘’Oke, silahkan kamu uraikan daur hidup hewan yang kamu pilih.’’

Sambil menggaruk-garuk kepalanya yang tidak gatal Alex menjawab,’’Daur hidup ikan adalah setelah ikan bertelur lalu menetas menjadi ikan muda setelah itu menjadi ikan dewasa dan siap digoreng, Bu.’’ Ibu guru wali kelas dan semua yang ada di ruang kelas agak terbengong-bengong lalu ibu guru wali kelas mengajak anak-anak memberi tepuk tangan yang meriah untuk jawaban Alex. Tentu saja teman-teman Alex tersenyum-senyum mendengar jawaban anak itu.

Karena hari sudah siang dan hari itu adalah hari Jum’at maka ibu guru wali kelas menyuruh anak-anak belajar lagi tentang daur hidup hewan di rumah. Setelah berdoa anak-anak bersalaman dan pulang.

Dalam hati ibu guru wali kelas berguman,’’ Bu, Arin sebenarnya bagaimana sih daur hidup ikan?’' Wali kelas itu berpikir ia harus konsultasi tentang daur hidup hewan terutama ikan dan ayam. Sambil menggeleng-gelengkan kepala ibu guru wali kelas beranjak pergi ke ruang kantor guru.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Asyik makan ikan goreng hehehe

09 Nov
Balas

Sreengng...Silahkan, Bun.Mksh, Bunda Sri berkenan menengok Alex dan Ipin. Sehat, sukses dan berkah utk, Bunda.

09 Nov

Hayo... masih lupa tentang penulisan judul yang benar ya?

09 Nov
Balas

Tolong dikoreksi, Pak...Lupa.

09 Nov

Semua kata diawali dg huruf kapital, kecuali kata depan, kata sandang, dan kata hubung. Baca tulisan saya "Penulisan Judul yang Benar".

09 Nov

Terimakasih, Pak. Maafkan pemula yg tdk memperhatikan ini, Pak.

09 Nov

Sip! Sdh pinter. Nilai 100. Jangan sampai lupa lagi. Kalau ragu, lebih aman judul ditulis memakai huruf kapital semua.

09 Nov

Nggih, Pak. Terimakasih, koreksi Bapak bermanfaat sebagai pengingat diri saya.

09 Nov

Bu Arin minta ikan gorengnya...hihihi. Adddaaa ajaaa bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah, bunda.

09 Nov
Balas

Sekalian sambalnya, Bun. Mksh kunjungannya ke kelas Alex dan Ipin. Sehat, sukses dan berkah utk bunda.

09 Nov

Jadi bagaimana daur ulangnya yah bund, hehehe. Barakallah

09 Nov
Balas

Digoreng, bu. Sudah siang lapar si Alex. Mksh, Bu Siti sudah menengok si Alex dan Ipin.

09 Nov

Alex pinter yah...he..he...

09 Nov
Balas

Pinter bola bali ketemu bu guru, kelas 1diwulang eh... kelas 5 ketemu lagi dg wali kelas yg sama.

09 Nov

Mantap bunda, muridnya pinter apalagi gurunya. Sukses terus bunda Barakallaah

09 Nov
Balas

Keanekaragaman mereka, Bu Lia... Mksh Bu sehat, sukses dan berkah utk ibu.

10 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali