Fila Ariyanti

Lulusan D2 PGSD UNS Surakarta,saat ini menjadi salah satu pengajar di kabupaten Cilacap,Jawa Tengah....

Selengkapnya
ANAK-ANAK ISTIMEWA

ANAK-ANAK ISTIMEWA

Dalam bertugas sehari-hari sebagai pendidik di sekolah maupun lembaga pendidikan lain tentu kita pernah menemui sesuatu momen special. Mungkin itu sesuatu yang menyenangkan, menggemaskan, menyebalkan, menyedihkan ataupun hal-hal konyol, lucu bahkan mungkin sesuatu yang membuat kita terpesona. Dan kalau mengingatnya bisa tersenyum atau menangis sendiri.

Di sekolah kami setiap guru kelas memiliki daftar siswa yang masuk kategori istimewa daripada menyebut mereka dengan anak nakal atau bermasalah. Tiap kelas guru kelas berfungsi sebagai guru bimbingan konseling dan bila menemukan masalah pada siswa guru kelas harus mengidentifikasi, menganalisa sampai mencari solusi permasalahan hingga tindak lanjut harus dibukukan.

Hal ini berlaku juga untuk anak yang tidak bermasalah misalnya konseling untuk pengembangan kompetensi tertentu baik bidang akademik maupun non akademik. Biasanya kelompok ini berisi daftar anak-anak yang menduduki peringkat lima besar yang harus bersaing untuk mengikuti seleksi pada perlombaan bidang akademik. Contohnya Siswa Prestasi, Olimpiade Sains, LCC.

Selanjutnya adalah daftar anak yang memiliki bakat, minat tertentu yang dibimbing sesuai bakat dan minat untuk menghadapi berbagai lomba non akademik seperti lomba MAPSI yang berisi cabang lomba adzan, tembang macapat, seni rebana, kaligrafi, pidato dan seni baca Al Qur’an. Sedangkan FLS2N berisi berbagai lomba menyanyi tunggal, tari kreasi, pantomim, komputer, melukis, gambar bercerita, mendongeng, pidato.

Dalam melaksanakan fungsinya sebagai guru yang melayani bimbingan konseling sering ditemukan anak-anak istimewa yang menghadapi masalah yang sangat beragam baik sebagai individu atau kelompok dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Sebagai individu di sekolah pun siswa bisa mengalami masalah dalam proses pembelajaran atau masalah dalam kepribadian. Sedangkan sebagai anggota kelompok biasanya ditemukan siswa yang mengalami penolakan dalam suatu kelompok belajar atau unjuk kerja.

Kami menyebut anak-anak yang bermasalah dalam kepribadian adalah anak istimewa. Mereka cenderung mencari perhatian, berbeda pendapat dengan teman, mudah marah dan sering ditolak dalam sebuah kelompok. Sebagai guru yang berfungsi menjadi guru bimbingan konseling di setiap kelas harus tanggap pada keadaan seperti ini. Karena bila dibiarkan akan mengganggu kegiatan belajar mengajar di kelas yang bersangkutan.

Namun dari berbagai kasus yang ditemukan anak-anak istimewa yang termasuk dalam kelompok ini adalah peserta didik dari keluarga yang berkecukupan secara materi namun minim kasih sayang dan perhatian. Sebagian orang tua mereka bekerja di luar negeri bahkan sejak kecil sudah di tinggal bersama neneknya. Pola asuh nenek yang cenderung memanjakan cucu ditambah adanya gawai pribadi membuat anak semakin susah diatur.

Orang tua bekerja hanya memenuhi kebutuhan secara materi tanpa memikirkan kualitas pertemuan dengan anak, perhatian dan kurang peka dengan keadaan anak bila mereka menemui masalah. Mereka biasanya bekerja dengan sistem kontrak selama dua tahun dan diperpanjang lagi. Terkadang sampai terjadi berulang kali perpanjangan kontrak hingga ketika anak ditinggal masih duduk di kelas satu sampai duduk di kelas empat orang tuanya masih bekerja di luar negeri.

Pemanfaatan gawai bisa dimaksimalkan dengan membuat group wali murid dalam tiap kelas sehingga ada komunikasi antara siswa, orang tua dan guru di sekolah dalam memantau keadaan siswa di rumah maupun di sekolah. Proses pembelajaran di sekolah bisa dilaporkan dalam group sebagai informasi kepada orang tua murid.

Terkadang timbul rasa kasihan pada kelompok anak istimewa ini, bila membaca status orang tuanya yang bekerja di luar negeri sebagai pamong. Mereka bekerja setiap hari mengurus keperluan sehari-hari anak majikannya. Seperti dalam status yang saya baca kemarin diantaranya menemani belajar, menemani tidur, mengantar jemput anak sekolah, les dan kegiatan lainnya. Nampak mereka sangat menikmati sekali pekerjaannya. Bahkan ada majikan yang memberi waktu luang pada mereka untuk jalan-jalan, mengikuti kelas yoga dan berkumpul dengan komunitasnya.

Saya malah mengkhawatirkan perasaan siswa saya yang membaca status orang tuanya begitu akrab dan sangat menjaga anak majikannya. Seperti status yang saya baca pagi tadi dari salah satu wali murid yang bekerja di Hongkong,’’on the way to school with handsome boy’’ di situ terlihat gambar ibu muda sebagai pamongnya bersama bersama anak kecil ganteng berangkat ke sekolah. Beberapa hari yang lalu juga nampak gambar anak dan pamongnya belajar nguleg sambel mengikuti pamongnya.

Namun kekhawatiran saya berubah ketika melihat anak didik saya yang nampak mandiri untuk mengurus dirinya sendiri. Meskipun ada beberapa masalah dalam kegiatan belajar mengajar atau suka cari perhatian bisa dicari jalan keluar bersama guru sebagai wali kelas, nenek selaku wali siswa dan komunikasi dengan orang tuanya yang lebih berkualitas. Memang ada saatnya guru kelas berperan tidak hanya sebagai guru bimbingan konseling tapi juga orang tua di sekolah.

Langit biru di atas sekolahku 01112018

# untuk Rosita, Trisna, Ikhsan, Zahra kalian anak istimewa sekaligus hebat #

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

kereeeen....alhamdulillah ketemu Bu Guru yang istimewa

01 Nov
Balas

Lumayan bu,jadi emak emak pengganti orang tua anak istimewa. Mksh bu Marlupi berkenan singgah.Sehat, sukses dan berkah untuk kelg. Gurusiana

01 Nov

Anak-anak istimewa harus dapat "cinta yang istimewa", bunda. Salam sehat dan sukses selalu. Barakallah.

01 Nov
Balas

Menantikan cinta bu guru Arin. Terimakasih bunda. Sehat, sukses dan berkah untuk bunda Rai.

01 Nov

Mantap dan lanutkan

01 Nov
Balas

Terimakasih pak. Sehat dan sukses utk bapak.

01 Nov

Tulisan yang menyentuh hati. Barokallah Bu.

01 Nov
Balas

Terimakasih bu Niken, sehat, sukses dan berkah untuk ibu.

02 Nov

Mereka istimewa karena ingin bertemu dg bu Arin bun. Sukses selalu dan barakallah

01 Nov
Balas

Betul, bu. Terimakasih, ibu berkenan singgah.

01 Nov

"Anak istimewa" selalu mempunyai cerita yang membuat ilmu kita bertambah.....Sukses selalu untuk bu guru yang istimewa....

01 Nov
Balas

Jadi banyak belajar agar bisa ngemong bocah-bocah istimewa, bu. Terutama belajar sabar. Mksh, bu Rini. Sehat, sukses dan berkah untuk ibu.

01 Nov

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali